Minggu, 10 Maret 2013

TIPS MENYUSUN PTK

       Para guru yang terhormat. Saat ini seakan-akan sedang ada isu hangat di kalangan para guru, yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang wajib (fardu ain) dilakukan oleh Ibu dan Bapak Guru. Ada yang menanggapi positif, ada pula negatif. Menurut saya sebaiknya kita tanggapi secara positif. Mungkin masih ada di antara kita yang masih merasa berat melakukannya, apa lagi bagi anda yang (maaf) belum memahami apa itu PTK, apa maksud dan tujuannya, dan kenapa harus dibebankan kepada para guru.
        Berikut beberapa tips (menurut saya) agar menjadi ringan dalam menyusun PTK.
1. Jangan pikirkan dulu tentang bagaimana prosedurnya, sistematika penulisannya, administrasinya maupun biayanya. Mengajarlah seperti biasa.
2. Pilih kelas yang akan dijadikan subyek penelitian (boleh lebih dari satu) dan simpanlah data kelas tersebut. Buatlah administrasi (nilai) kelas tersebut seteratur mungkin.
3. Pilihlah metode mengajar yang nantinya akan menjadi judul PTK
4. Siapkan satu buku tulis kosong, kamera poket (HP), atau alat perekam lain dan selalu dibawa setiap Anda mengajar di kelas manapun.
5. Catatlah hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan dalam proses pembelajaran. Sesekali Anda rekam/foto kegiatan siswa dalam proses pembelajaran. Sesekali juga salah satu siswa diminta untuk mengambil gambar Anda ketika Anda sedang action memberikan materi.
       Nah, apabila anda sudah dapat melakukan lima hal di atas, berarti anda sudah mengantongi bahan yang cukup banyak untuk membuat PTK. Terus kapan mulai menulisnya? Anda bisa memulai kapan saja, mana kala ada waktu yang senggang. Oke, sekian dulu, mudah-mudahan dapat dilanjut.
Selamat beraktivitas, semoga sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar