Senin, 20 Maret 2017

PREDIKSI SOAL US SENI BUDAYA-SENI RUPA SMA-SMK 2017



       PREDIKSI SOAL UJIAN SEKOLAH SENI BUDAYA (RUPA) SMA/SMK 2017

       A.  SOAL PILIHAN GANDA
Pilihlah jawaban yang benar
1.       Kegiatan mengindra, merasakan, menikmati, menghargai atau menilai atau mengagumi karya seni disebut ...
A.     festifal seni         
B.    pentas seni          
C.    telaah seni
D.    Kritik seni
E.     apresiasi seni

2.       Kegiatan dimaksud pada nomor di atas dapat berupa kegiatan berikut, kecuali...
A.     mengunjungi pameran seni
B.     melaksanakan pentas seni
C.     diskusi tentang seni
D.     berlatih tari
E.      bermain bola

3.       Setiap manusia normal memiliki rasa indah, sehingga dapat menikmati keindahan seni yang secara disadari ataupun tidak menjadi kebutuhan dalam hidupnya, misalnya....
A.     Senang melihat sampah bertebaran
B.     Senang melihat suasana yang bersih
C.     Senang melihat orang lain berpakaian kumal
D.     Senang mengenakan baju yang tidak rapi.
E.      Senang membuang sampah sembarangan

4.       Dalam kaitan hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhannya, apresiasi seni budaya dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas siswa dalam mengapresiasi keindahan alam beserta isinya sehingga mampu ....
A.      Menikmati dan mensukuri hidup
B.      Menikmati kesenian
C.      Menjadikan seni sebagai pedoman hidup
D.      Menjadi manusia yang berbudaya
E.       Mempertahankan budaya nasional

5.       Mengamalkan prilaku manusia berbudaya dalam kehidupan bermasyarakat merupakan ....
A.      cerminan bangsa yang berbudaya
B.      sikap seniman sejati
C.      prilaku manusia normal
D.      cerminan masyarakat Indonesia
E.       cerminan bangsa yang besar

6.       Untuk soal nomor 6 sampai dengan 9 perhatikan gambar berikut:























Secara dimensional karya seni rupa pada gambar di atas termasuk dalam kelompok ….
A.      Karya seni rupa satu dimensi
B.      Karya seni rupa dua dimensi
C.      Karya seni rupa tiga dimensi
D.      Karya seni rupa empat dimensi
E.       Karya snei rupa lima dimensi

7.       Secara fungsional karya seni rupa pada gambar di atas termasuk dalam kelompok ….
A.      Karya seni rupa terapan
B.      Karya seni rupa murni
C.      Karya seni rupa dua dimensi
D.      Karya seni rupa tiga dimensi
E.       Applied art

8.      Gambar 6 di atas mengandung makna simbolik berikut:
1.   Manusia angkasa
2.   Keperkasaan bangsa Indonesia menjelajah angkasa
3.   Superman Indonesia
4.   Angkatan Udara Republik Indonesia
5.   Manusia hebat
Makna simbolik yang benar adalah ....
 A.      Kalimat bernomor 1, 2 dan 4
B.      Kalimat bernomor 1, 4 dan 5
C.      Kalimat bernomor 1, 2 dan 3
D.      Kalimat bernomor 2, 3 dan 5
E.       Kalimat bernomor 1, 2, 3, 4 dan 5

9.       Karya seni rupa pada gambar di atas menampilkan sosok manusia dengan menunjukkan keperkasaannya di ruang angkasa. Judul patung tersebut adalah ….
A.      Patung Pancoran
B.      Angkatan Udara
C.      Patung Angkasapura
D.      Dirgantara
E.       Superman Indonesia

10.    Lambang Negara Republik Indonesia berupa sosok burung garuda merupakan karya seni rupa yang sarat dengan unsur simbolik mengandung makna. Banyak helai bulu sayap, bulu ekor dan bulu di lehernya mengandung makna ….
A.      Hari lahir Indonesia, 17 Agustus 1945
B.      Hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945
C.      Hari jadi Negara Indonesia, 17 Agustus 1945
D.      Hari diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945
E.       Hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945

11.    Pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” pada kaki burung Garuda mengandung makna simbolik ….
A.      Bangsa Indonesia berbeda-beda suku bangsa
B.      Bangsa Indonesia berbeda-beda bahasa daerah
C.      Bangsa Indonesia berbeda-beda agama
D.      Bangsa Indonesia berbeda-beda warna kulit
E.       Meskipun berbeda-beda namun tetap satu kesatuan.

12.    Karya seni yang diciptakan dengan tujuan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan akan keidahan disebut ….
A.      Seni terapan
B.      Seni dua dimensi
C.      Seni tiga dimensi
D.      Seni empat dimensi
E.       Seni murni

13.    Karya seni yang memiliki fungsi selain untuk dinikmati keindahannya juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari disebut ….
A.      Seni dua dimensi
B.      Seni tiga dimensi
C.      Seni empat dimensi
D.      Seni murni
E.       Seni terapan

14.    Seorang penari mengenakan selendang yang diikatkan di pinggangnya sebagai asesoris dalam menampilkan tariannya. Selendang tersebut berfungsi sebagai ….
A.      Hiasan untuk mendukung keindahan tarian
B.      Pengikat pinggang
C.      Lambang tarian
D.      Pameran hasil karya
E.       Simbol bagi penari perempuan

15.    Selendang yang digunakan ibu-ibu pedagang jamu gendong untuk menggendong dagangannya berfungsi sebagai ….
A.      Fine art
B.      Pure art
C.      Seni terapan
D.      Seni murni
E.       Ekspresi seniman

16.    Untuk menjawab soal nomor 16 sampai dengan 19 perhatikan gambar berikut:
        
        Pelukis Indonesia, tokoh perintis seni lukis modern di Indonesia ditunjukkan oleh gambar ….
A.      Nomor satu
B.      Nomor dua
C.      Nomor tiga
D.      Nomor empat
E.       Nomor lima

17.    Pelukis Indonesia yang terkenal beraliran ekspressionis ditunjukkan oleh gambar ….
A.     Nomor satu
B.     Nomor dua
C.     Nomor tiga
D.     Nomor empat
E.      Nomor lima

18.    Pelukis Indonesia, cucu dari dr. Wahidin Sudirohusodo yang bernama Basuki Abdullah adalah gambar ….
A.     Nomor satu
B.     Nomor dua
C.     Nomor tiga
D.     Nomor empat
E.      Nomor lima

19.    Pelukis Italia, terkenal dengan karya lukisannya yang berjudul “Monalisa” ditunjukkan oleh gambar ….
A.     Nomor satu
B.     Nomor dua
C.     Nomor tiga
D.     Nomor empat
E.      Nomor lima

20.    Pelukis Raden Saleh menampilkan corak lukisan dengan menonjolkan sifat emosi yang menggebu-gebu dari obyek yang dilukisnya. Gaya atau aliran lukisan demikian disebut ….
A.      Ekspressionisme
B.      Neo Klasikisme
C.      romantisme
D.      Surrealisme
E.       Kubisme

21.    Pelukis Vincent van Gogh menampilkan corak lukisan goresan-goresan warna yang kuat, keras dan kaku pada obyek yang dilukisnya. Gaya atau aliran lukisan demikian disebut ….
A.      Neo Klasikisme
B.      Naturalisme
C.      Surrealisme
D.      Kubisme
E.       Ekspressionisme
22.    Corak atau gaya lukisan Leonardo da Vinci beraliran ….
A.     Ekspressionisme
B.     Neo Klasikisme
C.     Naturalisme
D.     Surrealisme
E.      Kubisme

23.    Pelukis Spanyol Pablo Picasso, menampilkan obyek lukisan secara tersamar dalam komposisi kotak-kotak warna yang saling bersentuhan satu sama lain. Gaya lukisan demikian disebut ….
A.     Ekspressionisme
B.     Neo Klasikisme
C.     Naturalisme
D.     Surrealisme
E.      Kubisme

24.    Perhatikan gambar berikut:
        
Nilai estetis dari gambar di atas terbentuk oleh hal-hal berikut:
1.       Stilasi tumbuhan
2.       Stilasi kendaraan
3.       Stilasi dedaunan
4.       Stilasi bunga
5.       Stilasi burung
Jawaban yang benar adalah ….
A.      Nomor 1, 3, 4 dan 5
B.      Nomor 1, 2 dan 3
C.      Nomor 1, 2 dan 4
D.      Nomor 2, 3 dan 5
E.       Nomor 3, 4 dan 5

25.    Selain bentuk-bentuk stilasi, nilai keindahan dari gambar pada soal nomor 24 juga didukung oleh prinsip desain berikut:
1.       Keselarasan (harmoni), keteraturan yang utuh dan padu.
2.       Keseimbangan (balance), tatanan yang dapat menimbulkan efek formal.
3.       Berantakan, tak beraturan.
4.       Irama (rhythm), faktor pengulangan yang menimbulkan efek gerak.
5.       Rumit (complexity), bentuk-bentuk yang dimodifikasi sehingga unik
Jawaban yang benar adalah ….
A.      1, 2 dan 3
B.      2, 3 dan 4
C.      3, 4 dan 5
D.      1, 2 dan 4
E.       2, 4 dan 5

26.    Perhatikan gambar berikut:
 




















Gambar di atas adalah lukisan yang terbuat dari bahan-bahan berikut:
A.      Cat air di atas kertas
B.      Cat air di atas kain kanvas
C.      Cat minyak di atas kain kanvas
D.      Cat minyak di atas kertas
E.       Cat acrylic di atas kertas

27.    Gambar pada soal nomor 21 adalah lukisan yang dibuat dengan alat berikut:
A.      Pisau palet
B.      Canting
C.      Sudip
D.      Kwas
E.       pensil

28.    Melalui pengamatan secara visual lukisan pada gambar soal nomor 21 dibuat dengan teknik ….
A.      Sapuan kwas
B.      Goresan pisau palet
C.      Duselar
D.      Aquarel (cat air)
E.       Goresan pinsil warna

29.    Kita sering menjumpai karya keramik berupa guci yang dipajang di sudut ruangan sebagai penghias ruang. Karya keramik terbuat dari bahan ….
A.      Semen putih
B.      Tepung tapioca
C.      Bubuk gypsum
D.      Tanah liat
E.       Tanah merah

30.    Karya keramik berbentuk tabung biasanya dibuat dengan teknik ….
A.      Slab
B.      Putar
C.      Butsir
D.      Cor
E.       pilin

31.    Amati dengan seksama gambar berikut:
 
















Lukisan di atas dibuat dengan alat-alat berikut:
A.      Pisau, gunting dan sudip
B.      Kwas, palet dan pensil
C.      Gergaji, amplas dan gerinda
D.      Golok, kampak dan gergaji
E.       Gergaji, pahat dan obeng

32.    Perhatikan gambar:
Karya seni rupa pada gambar di atas dapat dibuat dengan menggunakan alat-alat ….
A.      Pisau, kwas dan gergaji
B.      Pisau, golok dan gergaji.
C.      Kwas, gunting dan gergaji
D.      Gunting, golok dan sudip
E.       Pisau, gunting dan tang.

33.    Bahan utama yang digunakan untuk membuat “wayang kulit” adalah ….
A.      Kulit sapi
B.      Kulit kerbau
C.      Kulit kambing
D.      Kulit binatang
E.       Kulit kayu

34.    Karya batik tulis dibuat dengan menggunakan bahan dasar utama ….
A.      Kain mori katun
B.      Kain kasa
C.      Kain strimin
D.      Kain polyster
E.       Kain kanvas

35.    Alat musik “angklung” terbuat dari bahan utama ….
A.      Kayu jati
B.      Bambu wulung
C.      Bambu betung
D.      Bambu tali
E.       Bambu

36.    Karya seni patung yang terbuat dari bahan batu gunung dikerjakan dengan teknik ….
A.      Butseren
B.      Cor/cetak
C.      Pahat
D.      Las/ketok
E.       slab

37.    Seeorang seniman relief sedang membuat karya dari bahan plat tembaga. Untuk membuat tonjolan-tonjolan ke depan dilakukan dengan cara menekan plat tembaga tersebut dari bagian belakang menggunakan alat tumpul. Teknik demikian biasa disebut dengan ….
A.      Teknik ketok
B.      Teknik cetak/cor
C.      Teknik las
D.      Teknik pahat
E.       Teknik emboss

38.    Dalam text box berikut terdapat unsur-unsur dalam penyelenggaraan pameran. Tentukan unsur-unsur yang harus ada dalam penyelenggaraan pameran tersebut.
1.       Karya yang akan dipamerkan
2.       Panitia penyelenggara
3.       Seniman ahli
4.       Dana
5.       Tempat dan waktu
6.       wartawan
Unsur-unsur yang harus ada dalam penyelenggaraan pameran tersebut pada nomor ….
A.      1, 2, 4 dan 5
B.      1, 3, 5 dan 6
C.      2, 3, 4 dan 5
D.      2, 3, 5 dan 6
E.       3, 4, 5 dan 6

39.    Perhatikan daftar alat dan bahan berikut.
1.       Lampu
2.       Sketsel/papan pajang lukisan
3.       Brosur/liflet
4.       Meja/penyangga patung
5.       Buku tamu
6.       Meja penerima tamu
7.       Kyrsi pengunjung
8.       Sound system
        Alat dan bahan yang diperlukan dalam penyelenggaraan pameran lukisan adalah ….
A.      Nomor 1, 2, 3, 5, 6 dan 8
B.      Nomor 1, 2, 3, 5, 6 dan 8
C.      Nomor 1, 2, 3, 4, 6 dan 7
D.      Nomor 2, 3, 4, 5, 6 dan 7
E.       Nomor 1, 2, 3, 5, 6 dan 7

40.    Perhatikan gambar berikut
       
 Pada gambar di atas, alat yang berfungsi untuk menempatkan patung atau karya seni rupa tiga dimensi ditunjukkan dengan nomor ….
A.      Dua
B.      Empat
C.      Lima
D.      Tujuh
E.       delapan

41.    Perhatikan gambar tata letak karya seni rupa tiga dimensi (guci) berikut.
 
Tata letak yang baik adalah ….
A.      Nomor 1, 2 dan 3
B.      Nomor 2 dan 3
C.      Nomor 3
D.      Nomor 2
E.       Nomor 1

42.    Persyaratan utama yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan pameran adalah  ketersediaan    karya seni yang akan dipamerkan. Agar proses penyelenggaraan pameran berjalan dengan baik maka diperlukan ….
A.      pengunjung pameran yang banyak
B.      ruang pameran yang mewah
C.      kemampuan kerja sama panitia sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing
D.      dana pameran yang memadahi
E.       dekorasi ruangan yang meriah.

43.    Menanggapi, memberi komentar, memberi penilaian bagus atau jelek terhadap karya seni rupa adalah bagian dari kegiatan ….
A.      Apresiasi seni rupa
B.      Apresiasi seni
C.      Kritik seni
D.      Kritik seni rupa
E.       Kritik seni budaya

44.    Untuk menjawab soal nomor 44 dan 45 perhatikan pengkajian/kritik karya seni rupa berikut:
        
 Pengkajian/kritik karya seni keramik aspek konsep ditunjukkan oleh kalimat ….
A.    nomor 1                             
B.    nomor 2 dan 3                  
C.    nomor 2
D.    nomor 1 dan 2
E.     nomor 3

45.    Pengkajian karya seni keramik aspek skill atau ketrampilan ditunjukkan oleh kalimat ….
A.     nomor 1                            
B. nomor 2 dan 3
C. nomor 2
D.     nomor 1 dan 2
E.  nomor 3

46.    Perhatikan wacana berikut:
       
Wacana di atas merupakan kritik seni lukis pada tahap ….
A.      Deskripsi
B.      Analisis
C.      Interpretasi
D.      Evaluasi
E.    sintesis

47.    Berikut ini prosedur atau tahapan-tahapan dalam penulisan kritik seni, kecuali ….
A.      Mendeskripsikan
B.      Menganalisis
C.      Menafsirkan
D.      Menilai
E.       Menyimpulkan

48.    Untuk menjawab soal nomor 48 sampai dengan 50 perhatikan ilustrasi proses penciptaan patung berikut.
        
Gambar 1 menunjukkan proses ....
A.      Mencari inspirasi
B.      Berkarya
C.      Membuat skets
D.      Menyiapkan bahan
E.       Menyiapkan alat

49.    Urutan yang benar dari proses penciptaan patung di atas adalah ….
A.      1 – 2 – 3 – 4 – 5
B.      5 – 4 – 3 – 2 – 1
C.      1 – 3 – 5 – 4 – 2
D.      3 – 4 – 5 – 1 – 2
E.       1 – 2 – 4 – 3 – 5

50.    Teknik yang digunakan dalam pembuatan patung di atas adalah ….
A.      Teknik cetak/cor
B.      Teknik bentuk/butsir
C.      Teknik pahat
D.      Teknik emboss
E.       Teknik las/ketok

 B. SOAL URAIAN
Jawablah pertanyaan berikut dengan uraian singkat dan jelas.  
 
1.       Jelaskan pengertian dari ….
A.      Seni rupa murni
B.      Seni rupa terapan
C.      Seni rupa tiga dimensi

2.       Jelaskan pengertian aliran-aliran dalam seni rupa berikut:
A.      Naturalisme
B.      Romantisme
C.      Ekspressionisme

3.       Amati dengan seksama gambar berikut:
 




















Berkaitan dengan gambar di atas, jelaskan mengenai:
A.      Gagasan/konsep penciptaan karya tersebut.
B.      Bahan dan alat yang dapat digunakan untuk mencipta karya tersebut.
C.      Teknik pembuatan karya tersebut.

4.       Perhatikan gambar nomor 3 di atas, kemudian jelaskan mengenai:
A.      Jenis karya seni rupa secara dimensional maupun fungsional.
B.      Tema yang ditampilkan.
C.      Niai estetis yang ditonjolkan.

5.       Jelaskan kegiatan yang dilakukan dalam tahap-tahap penyelenggaraan pameran berikut.
A.      Tahap persiapan.
B.      Tahap pelaksanaan
C.      Tahap penutupan.

6.       Jelaskan apa yang dituangkan dalam tahap-tahap penulisan kritik seni rupa berikut: (kls XII)
A.      Tahap pendeskripsian
B.      Tahap penganalisisan
C.      Tahap penilaian

7.       Jelaskan sedikitnya tiga fungsi kritik seni rupa. (kls X)
A.      Dalam dunia seni rupa
B.      Bagi perupa
C.      Bagi penikmat karya seni
_________________________________________________________________________________________
                                                                                                  Sumber: Buku Paket Seni Budaya SMA-SMK Kl. X, XI, XII
                                                                                                                 Kemdikbud, Buku-buku yang relevan dan Internet.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar