PREDIKSI SOAL UJIAN SEKOLAH SENI BUDAYA (RUPA) SMA/SMK 2017
A. SOAL
PILIHAN GANDA
Pilihlah jawaban yang benar
1. Kegiatan mengindra, merasakan, menikmati, menghargai atau menilai atau mengagumi karya seni disebut ...
A. festifal seni
B. pentas seni
C. telaah seni
D. Kritik seni
E. apresiasi seni
2. Kegiatan dimaksud pada nomor di atas dapat berupa kegiatan berikut, kecuali...
A. mengunjungi pameran seni
B. melaksanakan pentas seni
C. diskusi tentang seni
D. berlatih tari
E. bermain bola
3. Setiap manusia normal memiliki rasa indah, sehingga dapat menikmati
keindahan seni yang secara disadari ataupun tidak menjadi kebutuhan dalam
hidupnya, misalnya....
A. Senang
melihat sampah bertebaran
B. Senang
melihat suasana yang bersih
C. Senang
melihat orang lain berpakaian kumal
D. Senang
mengenakan baju yang tidak rapi.
E. Senang
membuang sampah sembarangan
4. Dalam
kaitan hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhannya, apresiasi seni budaya
dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas siswa dalam mengapresiasi keindahan
alam beserta isinya sehingga mampu ....
A. Menikmati
dan mensukuri hidup
B. Menikmati
kesenian
C. Menjadikan
seni sebagai pedoman hidup
D. Menjadi
manusia yang berbudaya
E. Mempertahankan
budaya nasional
5. Mengamalkan
prilaku manusia berbudaya dalam kehidupan bermasyarakat merupakan ....
A. cerminan
bangsa yang berbudaya
B. sikap
seniman sejati
C. prilaku
manusia normal
D. cerminan
masyarakat Indonesia
E. cerminan
bangsa yang besar
6. Untuk soal nomor 6 sampai dengan 9 perhatikan gambar berikut:
Secara dimensional karya seni rupa pada gambar di atas termasuk dalam kelompok ….
A. Karya seni rupa satu dimensi
B. Karya seni rupa dua dimensi
C. Karya seni rupa tiga dimensi
D. Karya seni rupa empat dimensi
E. Karya snei rupa lima dimensi
7. Secara fungsional karya seni rupa pada gambar di atas termasuk dalam
kelompok ….
A. Karya seni rupa terapan
B. Karya seni rupa murni
C. Karya seni rupa dua dimensi
D. Karya seni rupa tiga dimensi
E. Applied art
8. Gambar 6 di atas mengandung makna simbolik berikut:
1. Manusia angkasa
2. Keperkasaan bangsa Indonesia menjelajah angkasa
3. Superman Indonesia
4. Angkatan Udara Republik Indonesia
5. Manusia hebat
Makna simbolik yang benar adalah ....
A. Kalimat bernomor 1, 2 dan 4
1. Manusia angkasa
2. Keperkasaan bangsa Indonesia menjelajah angkasa
3. Superman Indonesia
4. Angkatan Udara Republik Indonesia
5. Manusia hebat
Makna simbolik yang benar adalah ....
A. Kalimat bernomor 1, 2 dan 4
B. Kalimat bernomor 1, 4 dan 5
C. Kalimat bernomor 1, 2 dan 3
D. Kalimat bernomor 2, 3 dan 5
E. Kalimat bernomor 1, 2, 3, 4 dan 5
9. Karya seni rupa pada gambar di atas menampilkan sosok manusia dengan menunjukkan
keperkasaannya di ruang angkasa. Judul patung tersebut adalah ….
A. Patung Pancoran
B. Angkatan Udara
C. Patung Angkasapura
D. Dirgantara
E. Superman Indonesia
10. Lambang Negara Republik Indonesia berupa sosok burung garuda merupakan
karya seni rupa yang sarat dengan unsur simbolik mengandung makna. Banyak helai
bulu sayap, bulu ekor dan bulu di lehernya mengandung makna ….
A. Hari lahir Indonesia, 17 Agustus 1945
B. Hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945
C. Hari jadi Negara Indonesia, 17 Agustus 1945
D. Hari diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945
E. Hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945
11. Pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” pada kaki burung Garuda
mengandung makna simbolik ….
A. Bangsa Indonesia berbeda-beda suku bangsa
B. Bangsa Indonesia berbeda-beda bahasa daerah
C. Bangsa Indonesia berbeda-beda agama
D. Bangsa Indonesia berbeda-beda warna kulit
E. Meskipun berbeda-beda namun tetap satu kesatuan.
12. Karya seni yang diciptakan dengan tujuan semata-mata untuk memenuhi
kebutuhan akan keidahan disebut ….
A. Seni terapan
B. Seni dua dimensi
C. Seni tiga dimensi
D. Seni empat dimensi
E. Seni murni
13. Karya seni yang memiliki fungsi selain untuk dinikmati keindahannya juga
dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari disebut ….
A. Seni dua dimensi
B. Seni tiga dimensi
C. Seni empat dimensi
D. Seni murni
E. Seni terapan
14. Seorang penari mengenakan selendang yang diikatkan di pinggangnya
sebagai asesoris dalam menampilkan tariannya. Selendang tersebut berfungsi
sebagai ….
A. Hiasan untuk mendukung keindahan tarian
B. Pengikat pinggang
C. Lambang tarian
D. Pameran hasil karya
E. Simbol bagi penari perempuan
15. Selendang yang digunakan ibu-ibu pedagang jamu gendong untuk menggendong
dagangannya berfungsi sebagai ….
A. Fine art
B. Pure art
C. Seni terapan
D. Seni murni
E. Ekspresi seniman
16. Untuk menjawab soal nomor 16 sampai dengan 19 perhatikan gambar berikut:
Pelukis Indonesia, tokoh perintis seni lukis modern di
Indonesia ditunjukkan oleh gambar ….
A. Nomor satu
B. Nomor dua
C. Nomor tiga
D. Nomor empat
E. Nomor lima
17. Pelukis Indonesia yang terkenal beraliran ekspressionis ditunjukkan oleh
gambar ….
A. Nomor satu
B. Nomor dua
C. Nomor tiga
D. Nomor empat
E. Nomor lima
18. Pelukis Indonesia, cucu dari dr. Wahidin Sudirohusodo yang bernama
Basuki Abdullah adalah gambar ….
A. Nomor satu
B. Nomor dua
C. Nomor tiga
D. Nomor empat
E. Nomor lima
19. Pelukis Italia, terkenal dengan karya lukisannya yang berjudul
“Monalisa” ditunjukkan oleh gambar ….
A. Nomor satu
B. Nomor dua
C. Nomor tiga
D. Nomor empat
E. Nomor lima
20. Pelukis Raden Saleh menampilkan corak lukisan dengan menonjolkan sifat
emosi yang menggebu-gebu dari obyek yang dilukisnya. Gaya atau aliran lukisan
demikian disebut ….
A. Ekspressionisme
B. Neo Klasikisme
C. romantisme
D. Surrealisme
E. Kubisme
21. Pelukis Vincent van Gogh menampilkan corak lukisan goresan-goresan warna
yang kuat, keras dan kaku pada obyek yang dilukisnya. Gaya atau aliran lukisan
demikian disebut ….
A. Neo Klasikisme
B. Naturalisme
C. Surrealisme
D. Kubisme
E. Ekspressionisme
22. Corak atau gaya lukisan Leonardo da Vinci beraliran ….
A. Ekspressionisme
B. Neo Klasikisme
C. Naturalisme
D. Surrealisme
E. Kubisme
23. Pelukis Spanyol Pablo Picasso, menampilkan obyek lukisan secara tersamar
dalam komposisi kotak-kotak warna yang saling bersentuhan satu sama lain. Gaya
lukisan demikian disebut ….
A. Ekspressionisme
B. Neo Klasikisme
C. Naturalisme
D. Surrealisme
E. Kubisme
24. Perhatikan gambar berikut:
Nilai
estetis dari gambar di atas terbentuk oleh hal-hal berikut:
1. Stilasi tumbuhan
2. Stilasi kendaraan
3. Stilasi dedaunan
4. Stilasi bunga
5. Stilasi burung
Jawaban
yang benar adalah ….
A. Nomor 1, 3, 4 dan 5
B. Nomor 1, 2 dan 3
C. Nomor 1, 2 dan 4
D. Nomor 2, 3 dan 5
E. Nomor 3, 4 dan 5
25. Selain bentuk-bentuk stilasi, nilai keindahan dari gambar pada soal
nomor 24 juga didukung oleh prinsip desain berikut:
1. Keselarasan (harmoni),
keteraturan yang utuh dan padu.
2. Keseimbangan (balance),
tatanan yang dapat menimbulkan efek formal.
3. Berantakan, tak beraturan.
4. Irama (rhythm), faktor
pengulangan yang menimbulkan efek gerak.
5. Rumit (complexity), bentuk-bentuk yang dimodifikasi sehingga unik
Jawaban
yang benar adalah ….
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 3, 4 dan 5
D. 1, 2 dan 4
E. 2, 4 dan 5
26. Perhatikan gambar berikut:
Gambar di
atas adalah lukisan yang terbuat dari bahan-bahan berikut:
A. Cat air di atas kertas
B. Cat air di atas kain kanvas
C. Cat minyak di atas kain kanvas
D. Cat minyak di atas kertas
E. Cat acrylic di atas kertas
27. Gambar pada soal nomor 21 adalah lukisan yang dibuat dengan alat
berikut:
A. Pisau palet
B. Canting
C. Sudip
D. Kwas
E. pensil
28. Melalui pengamatan secara visual lukisan pada gambar soal nomor 21
dibuat dengan teknik ….
A. Sapuan kwas
B. Goresan pisau palet
C. Duselar
D. Aquarel (cat air)
E. Goresan pinsil warna
29. Kita sering menjumpai karya keramik berupa guci yang dipajang di sudut
ruangan sebagai penghias ruang. Karya keramik terbuat dari bahan ….
A. Semen putih
B. Tepung tapioca
C. Bubuk gypsum
D. Tanah liat
E. Tanah merah
30. Karya keramik berbentuk tabung biasanya dibuat dengan teknik ….
A. Slab
B. Putar
C. Butsir
D. Cor
E. pilin
31. Amati dengan seksama gambar berikut:
Lukisan
di atas dibuat dengan alat-alat berikut:
A. Pisau, gunting dan sudip
B. Kwas, palet dan pensil
C. Gergaji, amplas dan gerinda
D. Golok, kampak dan gergaji
E. Gergaji, pahat dan obeng
32. Perhatikan gambar:
Karya
seni rupa pada gambar di atas dapat dibuat dengan menggunakan alat-alat ….
A. Pisau, kwas dan gergaji
B. Pisau, golok dan gergaji.
C. Kwas, gunting dan gergaji
D. Gunting, golok dan sudip
E. Pisau, gunting dan tang.
33. Bahan utama yang digunakan untuk membuat “wayang kulit” adalah ….
A. Kulit sapi
B. Kulit kerbau
C. Kulit kambing
D. Kulit binatang
E. Kulit kayu
34. Karya batik tulis dibuat dengan menggunakan bahan dasar utama ….
A. Kain mori katun
B. Kain kasa
C. Kain strimin
D. Kain polyster
E. Kain kanvas
35. Alat musik “angklung” terbuat dari bahan utama ….
A. Kayu jati
B. Bambu wulung
C. Bambu betung
D. Bambu tali
E. Bambu
36. Karya seni patung yang terbuat dari bahan batu gunung dikerjakan dengan
teknik ….
A. Butseren
B. Cor/cetak
C. Pahat
D. Las/ketok
E. slab
37. Seeorang seniman relief sedang membuat karya dari bahan plat tembaga.
Untuk membuat tonjolan-tonjolan ke depan dilakukan dengan cara menekan plat
tembaga tersebut dari bagian belakang menggunakan alat tumpul. Teknik demikian
biasa disebut dengan ….
A. Teknik ketok
B. Teknik cetak/cor
C. Teknik las
D. Teknik pahat
E. Teknik emboss
38. Dalam text box berikut terdapat
unsur-unsur dalam penyelenggaraan pameran. Tentukan unsur-unsur yang harus ada
dalam penyelenggaraan pameran tersebut.
1. Karya yang akan dipamerkan
2. Panitia penyelenggara
3. Seniman ahli
4. Dana
5. Tempat dan waktu
6. wartawan
Unsur-unsur yang harus ada dalam penyelenggaraan
pameran tersebut pada nomor ….
A. 1, 2, 4 dan 5
B. 1, 3, 5 dan 6
C. 2, 3, 4 dan 5
D. 2, 3, 5 dan 6
E. 3, 4, 5 dan 6
39. Perhatikan daftar alat dan bahan berikut.
1. Lampu
2. Sketsel/papan pajang lukisan
3. Brosur/liflet
4. Meja/penyangga patung
5. Buku tamu
6. Meja penerima tamu
7. Kyrsi pengunjung
8.
Sound system
Alat dan
bahan yang diperlukan dalam penyelenggaraan pameran lukisan adalah ….
A. Nomor 1, 2, 3, 5, 6 dan 8
B. Nomor 1, 2, 3, 5, 6 dan 8
C. Nomor 1, 2, 3, 4, 6 dan 7
D. Nomor 2, 3, 4, 5, 6 dan 7
E. Nomor 1, 2, 3, 5, 6 dan 7
40. Perhatikan gambar berikut
A. Dua
B. Empat
C. Lima
D. Tujuh
E. delapan
41. Perhatikan gambar tata letak karya seni rupa tiga dimensi (guci)
berikut.
Tata
letak yang baik adalah ….
A. Nomor 1, 2 dan 3
B. Nomor 2 dan 3
C. Nomor 3
D. Nomor 2
E. Nomor 1
42. Persyaratan utama yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan pameran adalah
ketersediaan karya seni yang akan dipamerkan. Agar proses
penyelenggaraan pameran berjalan dengan baik maka diperlukan ….
A. pengunjung pameran yang banyak
B. ruang pameran yang mewah
C. kemampuan kerja sama panitia sesuai tugas dan tanggung jawab
masing-masing
D. dana pameran yang memadahi
E.
dekorasi ruangan yang meriah.
43. Menanggapi, memberi komentar, memberi penilaian bagus atau jelek
terhadap karya seni rupa adalah bagian dari kegiatan ….
A. Apresiasi seni rupa
B. Apresiasi seni
C. Kritik seni
D. Kritik seni rupa
E. Kritik seni budaya
44. Untuk menjawab soal nomor 44 dan 45 perhatikan pengkajian/kritik karya
seni rupa berikut:
A. nomor 1
B. nomor 2 dan 3
C. nomor 2
D. nomor 1 dan 2
E. nomor 3
45. Pengkajian karya seni keramik aspek skill atau ketrampilan ditunjukkan
oleh kalimat ….
A.
nomor 1
B. nomor 2 dan 3
C. nomor 2
D.
nomor 1 dan 2
E. nomor 3
46. Perhatikan wacana berikut:
Wacana di
atas merupakan kritik seni lukis pada tahap ….
A. Deskripsi
B. Analisis
C. Interpretasi
D. Evaluasi
E. sintesis
47. Berikut ini prosedur atau tahapan-tahapan dalam penulisan kritik seni, kecuali
….
A. Mendeskripsikan
B. Menganalisis
C. Menafsirkan
D. Menilai
E. Menyimpulkan
48. Untuk menjawab soal nomor 48 sampai dengan 50 perhatikan ilustrasi
proses penciptaan patung berikut.
Gambar 1 menunjukkan proses ....
A. Mencari inspirasi
B. Berkarya
C. Membuat skets
D. Menyiapkan bahan
E. Menyiapkan alat
49. Urutan yang benar dari proses penciptaan patung di atas adalah ….
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
C. 1 – 3 – 5 – 4 – 2
D. 3 – 4 – 5 – 1 – 2
E. 1 – 2 – 4 – 3 – 5
50. Teknik yang digunakan dalam pembuatan patung di atas adalah ….
A. Teknik cetak/cor
B. Teknik bentuk/butsir
C. Teknik pahat
D. Teknik emboss
E. Teknik las/ketok
Jawablah pertanyaan berikut dengan uraian singkat dan jelas.
1. Jelaskan pengertian dari ….
A. Seni rupa murni
B. Seni rupa terapan
C. Seni rupa tiga dimensi
2. Jelaskan pengertian aliran-aliran dalam seni rupa berikut:
A. Naturalisme
B. Romantisme
C. Ekspressionisme
3. Amati dengan seksama gambar berikut:
Berkaitan
dengan gambar di atas, jelaskan mengenai:
A. Gagasan/konsep penciptaan karya tersebut.
B. Bahan dan alat yang dapat digunakan untuk mencipta karya tersebut.
C. Teknik pembuatan karya tersebut.
4. Perhatikan gambar nomor 3 di atas, kemudian jelaskan mengenai:
A. Jenis karya seni rupa secara dimensional maupun fungsional.
B. Tema yang ditampilkan.
C. Niai estetis yang ditonjolkan.
5. Jelaskan kegiatan yang dilakukan dalam tahap-tahap penyelenggaraan
pameran berikut.
A. Tahap persiapan.
B. Tahap pelaksanaan
C. Tahap penutupan.
6. Jelaskan apa yang dituangkan dalam tahap-tahap penulisan kritik seni
rupa berikut: (kls XII)
A. Tahap pendeskripsian
B. Tahap penganalisisan
C. Tahap penilaian
7. Jelaskan sedikitnya tiga fungsi kritik seni rupa. (kls X)
A. Dalam dunia seni rupa
B. Bagi perupa
C. Bagi penikmat karya seni
_________________________________________________________________________________________
Sumber: Buku Paket Seni Budaya SMA-SMK Kl. X, XI, XII
Kemdikbud, Buku-buku yang relevan dan Internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar